Prosedur Injeksi Intravena (Edit)

Karena Banyaknya masukan dari para follower sekalian, maka saya mengkaji ulang tulisan ini dan meluruskan yang dikira saya anggap rasional dalam praktek sehari-hari ….

URAIAN UMUM
Suatu kegiatan pelayanan perawatan dalam memberikan obat suntikan pada pasien melalui intravena langsung (IV)
A. PERSIAPAN
I.   Persiapan Klien
– Cek perencanaan Keperawatan klien ( dosis, nama klien, obat, waktu pelaksanaan, tempat injeksi )
– Kaji riwayat alergi dan siapkan klien
– Klien diberi penjelasan tentang prosedur yang akan dilakukan

II.  Persiapan Alat
– Spuit steril dengan obat injeksi pada tempatnya yang sudah disiapkan
– Kapas alkohol 70 %
– Alat tulis
– Bengkok
– Kartu obat dan etiket
– Sarung tangan

B. PELAKSANAAN
– Perawat cuci tangan
– Mengucapkan Salam dan Perkenalan diri pada pasien terus identifikasi klien (nama, Umur, No.Medrec, Alamat)
– Memberitahu tindakan yang akan dilakukan berupa injeksi Intravena langsung
– Perawat mengunakan sarung tangan dan siapkan tangan kanan ato kiri yang akan dilakukan injeksi pada klien
– Lakukan bendungan vena ato stewing 5-8 cm diatas area yang akan disuntik dan Bersihkan / desinfeksi lokasi injeksi dengan alkohol dengan tekhnik sirkuler atau dari atas ke bawah sekali hapus
– Membuang kapas alkohol kedalam bengkok
– Memasukan jarum dengan sudut 15-30 kedalam vena yg dituju
– Lakukan aspirasi
– Jika benar masuk kedalam vena (keluar darah melalui spuit) maka masukan obat secara perlahan – lahan
– Mencabut jarum dan tutup bekas injeksi dengan kapas alkohol dan berikan plester pada kapas tersebut supaya tidak ada darah yg keluar
– Kemudian Alat-alat dibereskan dan awasi reaksi obat terhadap klien
– Perawat cuci tangan
– Catat tindakan yang dilakukan

C. EVALUASI
– Perhatikan dosis obat, nama obat, nama klien  dan perhatikan juga respon klien terhadap obat

D. DOKUMENTASI
Mencatat tindakan yang telah dilakukan (waktu pelaksanaan, hasil tindakan, reaksi / respon klien terhadap obat, perawat yang melakukan ) pada catatan keperawatan

About these ads

23 Responses

  1. hmmm…. bukannya injeksi IV itu pake sudut 40 o ???

    • menurut yg saya baca sih ada dua versi … yang ini versi menurut saya yang paling masuk di akal bro …..

      terima kasih atas masukannya.

      • setahu saya intravena itu pakai sudut 35 derajat
        kalau 90 derajat itu untuk intramuskular karena memang lapisan muskular tebal

        Memang daerahnya berbeda untuk injeksi intramuskular dan intravena.jadi kalau oakai yaang 90 derajat untuk intravena bisa-bisa tembus apalagi kalau di mediana kubiti pada orang kurus, wah bisa tembus melewati vena tuh…hehehe

        jadi memangs udutnya 35 derajat mas. mungkin mas maksud 90 derajat adalah intramuskular.

        terimakasih atas perhatiannya.

  2. pemberian injeksi Intra vena langsung ke vena susah tu dengan sudut 90 derajat …… vena yang kelihatan agak bbesar paling diammeternya 5 mm dengan sudut 90 drjt bisa tembus tu….. kemiringan 15 – 45 drjt lebih baik…. besarnya needle jg diperhatikan………

    • Terima kasih atas masukannya ..

      Memang dalam prakteknya kita tidak harus mengukur derajat kemiringan bila “hanya” memberikan injeksi pada klien …
      Seyogyanya … kita harus melihat ke arah mana kita bertindak …
      Dari pengalaman yang saya dapat sih jarang juga ada orang memakai 90 derajat karena kurang nyaman dan terlihat kaku ..

      Mungkin pendapat saudara wijoyo benar adanya 15-45 derajat cukup untuk memasaukan jarum ke dalam selang infus …
      Terimakasih
      Semoga bermampaat

  3. informasi yang sangat bermanfaat. tapi lebih bagus lagi jika dipaparkan bagaimana cara mencari pembuluh vena yang tepat, serta manfaat penyuntikan secara intravena.
    kalo bisa, dikasi tau ya, apa keuntungan dan kerugiannya. makasi. :)

  4. klu menurut literatur yg sya bca ya sudut 45, tp tergantung venax jg, klu menonjol ya bsa kurng dr sgtu sudutx,

  5. tdi Q praktek IV loch
    Alhamdulillah
    Q bisa

  6. apa yang terjadi jika IV yg di inject kan tdk masuk vena ? apakah bisa disebut subkutan ?

    • Jika Penyuntikan IV tidak msk kesasaran maka yang terjadi obat akan masuk lewat IM (otot) yang reaksinya lebih lambat daripada IV … makanya setelah memasukan jarum ke vena perlu diaspira dolo apa keluar darah ato nggak .. jika keluar maka yakin lah si jarum dah kena sasaran ..

      Sedangkan subkutan biasanya untuk obat2 yg mengefek ke jantung dan lainnya ..

      terimakasih telah berkunjung

  7. ehm..menurut saya iv itu 15 – 20 derajat klo injeksi im baru 90 derajat.klo iv dberi 90 derajat bisa tembus tuh vena:D

    • Tergantung daerah dan keperluannya … kalau kita mengambil sample darah AGD maka perlu 90 derajat

      Terimakasih atas masukan nya ….

  8. mau tanya,, kalau pas abis disuntik tangan pasien menggelembung itu knp ya??

    • terimakasih atas kunjungan mba ke blog saya ini ..

      Pertama saya bingung dengan pertanyaan mba karena kalau menyuntikan obat yg dikategorikan bisa IV (intravena)/Lwt pembuluh darah vana maka tidak ada istilah menggelembung … mungkin saya balik bertanya lagi kepada mba :
      1. Siapa yang menyuntikannya ? apa dokter, perawat, tetangga, atau siapa
      jika dilakukan oleh ahlinya maka tidak terjadi hal semacam itu jika itu benar IV
      Tapi dalam kasus tertentu seperti obat Mantox atau Skintest maka perlu “digelembungkan”
      2. Benarkah obatnya ? …
      3. Apa benar masuk ke intra vena ? …

      Silahkan renungan kembali dan saya tunggu jawabannya …

      Terimakasih

  9. apa yang dimaksud mbk e itu mungkin odem…..
    karena vitamin ato obanya merembes k bagian luar venaa yg kata mbk ato mas nya tu keluar bagian muscular.. yg biasanya .karen pecahny vena ….biasanya sih
    itu yang menurut pengalaman saya sendiri dan k22mpat vena saya pada melembung semua d injeksi oleh teman saya sendiri :D….

    salam perawat

    • masukan yang baik …

      tapi seandainya disuntik menjadikan oedema .. biasanya baru masuk berapa ml aja ps sudah kesakitan ..
      jgn kata disuntik dipegang aja sakit …
      lagian terlihat sih klo didaerah infusan sudah terasa ada gangguan selain dari oedema juga

  10. d intra vena ada 3 urat .. d vena apa yg injeksi ituu tkut ntar slh injeksii swalx ga bsa bdaiin ..

    jwbnx aq tnggu

    • maksudnya 3 ? >>> yang ada pembuluh darah tu Vena Dan Arteri …
      klo nama lainnya ato letak dari vena .. namanya banyak kaya Vena jungularis .. Vena brachialis .. dll

      Klo menyuntik langsung ato cuman ngambil darah biasanya di vena yg letaknya di lipatan tangan …

  11. dari penjelasan anda(kperawartan kita) kurang detail dn data yang dijabarkan kurang valid ,menurut saya anda perlu belajar lagi mendalami materi praktek pelayanan kesehatan ,dikhawatirkan anda tidak bisa melakukan intervansi dengan benar .

    • masukan yang sangat bagus mba bidan …
      tapi klo mba bidan tahu akan data sebenarnya kenapa anda tidak memberikan masukan yg sekiranya baik dan benar
      disini saya hanya membuka pengetahuan tentang prosedur injeksi …
      baik itu kurang detail ato kurang valid, saya berharap ada pengunjung yg ikut berpartisipasi

      karena ilmu pengetahuan makin hari makin berkembang ada baiknya mba bidan ikut “nimbrung” dalam blog ini

      terimakasih atas kunjungan dan masukan dari mba bidan …

      ada komentar dari follower Keperawatankita lainnya ??

  12. Ikut nimbrung yah..prosedur inj.intavena memang sudut 15-30 dan sungguh baik sekali jk bs dilakukan dg benar dan tepat,kadang sy juka ijeksi iv malah sudut <15 dikira kira saja sesuai. Sikon dan biasanya jk sudutnya sekitar itu pasien akn lbh nyaman dan tdk sakit beda klbsudut lbh dari 45/malah 90 akan sakit dan posisi mudah geser.kec ambil darah AGD 90 derajat lbh mudah krn tdk disedot tp membiarkan darah memancar dan bkn vena yg dituju tp arteri

    • Masukan yang sangat baik …..
      Yang sebenarnya terjadi hanyalah faktor kenyaman dan keakuratan.

      Terimakasih !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: