Bisul … bikin kita sengsara ….. Jadi kita harus tahu definisinya

Memang benar bisul membuat aku sengsara ….. kenapa ? … selain ganggu aktivitas juga ganggu kenyamanan loh ……. Akibatnya ??? lahirlah tulisan ini dengan notabene nyari info d mbah google biar digosok makin sip ………………… mari kita simak ..

Definisi

Bisul, Wudun (Jawa) atau Furunkel adalah Peradangan atau infeksi pada folikel rambut dan menyebar ke jaringan kulit disekitarnya.

Bisul biasanya disebabkan oleh Bakteri gram positif seperti Staphylococcus atau Streptococcus. Bakteri ini berbentuk bulat dan bergerombol seperti sekumpulan anggur.

Bisul terjadi karena :

Alergi atau makan makanan terutama yang mengandung protein tinggi : telur, susu , ayam negeri dll.

Terutama dan paling sering adalah karena menurunnya daya tahan tubuh dan pada saat itu kebersihan kulit kurang terjaga seperti: tidak mandi , mandi dengan air dan handuk kurang bersih. memakai pakaian kotor atau menggaruk kulit dengan kuku kotor dll.

Gejala Bisul.

Stadium 1 : Kulit terasa hangat, ada benjolan sedikit jika ditekan tidak terlalu sakit

Stadium 2 : Kulit terasa hangat , mulai timbul benjolan Bisul area sekitar mulai sakit.

Stadium 3 : Kulit hangat panas , timbul benjolan membesar mulai ada bintil atau tidak ada bintil sama sekali . Sekitar area terasa sakit.Demam dan badan mulai pegal2.

(Urutan Stadium 1-3 aku buat untuk memudahkan pengobatansecara traditional dan antibiotik)

Pengobatan Bisul Traditional.

Injet (rendaman gamping ) dan Gula aren perbandingan 1:1 ditambah air secukupnya dioleskan ke bisul stadium 1. Beberapa kali aku coba resep ini bisul tidak jadi muncul. (stadium1-2)

Bawang diiris dengan pisau bersih dan dioleskan ke Bisul (stadium 1)

Kentang diparut dan di tempelkan ke Bisul (stadium1)

Bawang + Kentang diparut dan ditempelkan ke Bisul (Stadium 1-2)

Daun Pohon Ungu yg biasa dipakai untuk wasir. Daun diolesi minyak kelapa dibakar dan ditempelkan di bisul ( stadium 1-2)

Semua bahan traditional yang sifatnya antibakteri terutama terhadap Staphylococcus dapat dipakai untuk pengobatan traditional ini.

Pengobatan Bisul Antibiotik.

Amoxcylin 500 mg 3×1 selama 4. total 12 butir. Harga Perbutir 1000-2000 / butir. Amoxyclin ini efektif karena Staphylococcus ini rentan terhadap antibiotik ini. Saya sudah mencoba dan memberikan efek positif. Bengkak mulai berkurang dan sakit mulai mereda. (Stadium 1-3)

Lyncomycin 500mg 3×1 selama 4 hari. Harga bervariasi ada yang 1000 dan 11rb perbutir dan ada Dulu antibiotik ini efektif banget untuk saya menghilangkan Bisul. Adik saya baru-baru ini sembuh dengan minum antibiotik ini (stadium 1-3)

Ceradolan dengan zat aktif Sefotiam diHCl. Obat ini berbentuk tablet 200mg x20 biji harga + 245rb. Efektif untuk Bisul Batu, Geromboloan Bisul dan semua organ tubuh yang terkena infeksi akibat turunan Staphylococcus.

Pengobatan Bisul Salep

Ichtiyol : Salep berwarna hitam ( 3-6rb). Ichtiyol berfungsi untuk mempercepat pematangan bisul. Sehingga kotoran putih mudah dikeluarkan. (1-3)

Gentamycin (3-5rb) atau Garamycin (25-35rb) salep dioleskan untuk stadium 1-2

SARAN:

Untuk penyembuhan Bisul dewasa bisa pakai injet dan gula aren. kalo anak2 pakai bawang / parutan kentang. kalo memang bisul bandel dan maunya membesar. sebaiknya ke Dokter. tapi jika tidak ingin ke dokter bisa minum antibiotik Lyncomycin atau Amxyclin. biar bakteri tidak menyebar ke area lain terutama ke otak. olesi salep Ichtiyol sesering mungkin atau bisa sambil ditutup kasa steril untuk mempercepat kematangan bisul. Jika bisul sudah matang dan gunungnya dipegang mulai adem dan lunak. kotoran bisa dikeluarkan oleh orang profesional atau kalo bisa sendiri siapkan kapas dan kain kasa steril, Betadine, Rivanol atau alkohol 70% untuk membasuh bekas bisul. Setelah selesai dibersihkan semua atau mencuci bekas luka dengan Rivanol. tutup bekas luka dengan kain kasa steril yg telah diolesi Betadine. kemudian diplester. jangan lupa minum antibiotik agar tidak infeksi. Banyak makan Buah atau minum Vitamin C untuk membantu mempercepat penyembuan luka.Selesai

Penderita PB sebaiknya menjaga kebersihan, mandi dengan air hangat bersih dan sabun antibiotik. Pakai handuk dan pakaian yang bersih.

Jika Bisul diolesi Ictiyol tidak matang2 dan tidak keluar titik putih sebaiknya jangan dipencet sendiri karena tidak ada kotoran putih yang keluar. Minum antibiotik saja secara teratur.

Jika Bisul sudah membesar dan tidak bisa memecah sendiri sebaiknya dikeluarkan kotorannya oleh orang yg profesional seperti dokter atau mantri kesehatan.

Jika Bisul bisa memecah sendiri atau ditekan pecah, kelurakan semua kotoran sampai bersih dan keluar mata bisul. Jangan lupa luka dibersihkan dengan antiseptik seperti Rivanol, Alkohol 70% dll baru kemudian diberi betadine dan ditutup pakai kain Kasa steril.

About these ads

11 Responses

  1. suami saya bisulan nih,di pantat pas di dudukan pantat jadi sekarang kumat lagi membesar dan sakit jadi nda bisa duduk dan beraktivitas.bisulnya sudah 14 tahun tapi mulai meradang sekitar 3 tahun terakhir.sempat dibawa ke dokter bedah namun hanya dilakukan operasi kecil krn suamiku nda tahan sakitnya dia nda rutin datang ke dokter akibatnya bekas operasinya jadi berongga. trus berisi darah,air,nanah..kadang sembuh,kadang timbul lagi dan meradang.begitu terus berulang ulang saya sampe bingung kapan sembuhnya.disuruh kedokter dia nda mau katanya kapok..katanya tunggu keras dulu baru dioperasi lagi tapi kalo sudah sembuh dan nda bengkak lagi dia nda kedokter,akhirnya kumat lagi..gimana ya?apakah ada obat yang manjur??mohon info via email saya.trimakasih

    • Makasih telah berkunjung …

      Permasalahan dari suami ibu adalah ketidak seriusan dalam menghadapi sebuah penyakit ….
      Baik itu penyakit kecil atau besar jika ditangani dengan benar dan ada tekad mau sembuh, pasti ada jalan keluar dari permasalahan itu …

      Semua kita lakukan dengan ikhtiar dan berusaha … jangan menunggu apa yang tidak pasti karena semakin lama akan semakin berbahaya …

      Saran saya :
      1. Konsultasi dengan dokter yang sama (kalau bisa Dokter Spesialis)
      2. Pantau makanan alias batasi yang sekiranya berdampak pada pertumbuhan penyakit itu.
      3. Klaua masih ngeyel kaga mau ke dokter periksakanlah Darah suami ibu dengan jenis Analyser, Gula Darah, Kima.
      4. Berdo’a pada tuhan semoga ujian yang diberikan tidak lebih dari sekedar mengingatkan kita akan pentingnya arti kesehatan bagi kita

      Terimakasih
      semoga bisa membantu

  2. bagaimana kalau bisulnya sebagian keluar sekeliling agak mengeras apa yang menyebabkan sekeliling bisulnya mengeras dan bagaimana penanganannya

    • Bisul harusnya dikeluarkan semua beserta “matanya” karena akan membersihkan sisa2 bakteri yg tertinggal di jaringan tersebut
      Kulit sekeliling mengeras? sudah pasti karena kulit membuat semacam “blokade” terhadap jaringan lain agar tidak meluas dan hanya didaerah itu saja yang rusak karena bakteri … dengan pemberian Antibiotik dan Antipiretik yang tepat dapat menyebuhkan bisul tetapi hanya sedikit yang sembuh dari luka bekas bisul …..

  3. Saya ingin bertanya….ada atau tidak ubat ichtiyol salap DIJUAL di Malaysia TERUTAMANYA di Johor …Sekian terima kasih

    • Diindonesia Beda daerah beda merk dagang ..
      begitu juga di malaysia … mungkin namanya berbeda tapi nama generiknya pasti sama

      coba cek nama generiknya … pasti ada

  4. bagaimana pengobatan untuk bisulan di bawah kelopak mata??? kalau dikatakan jerawat jg terlalu besarrr…

  5. gimana ya cara menghilangkan bekas bisul yang menonjol dan sudah berwarna coklat (3 thn)? saya kira setelah bisul sembuh kulit akan seperti semula.mohon bantuannya

    • Gambaran klinis yang saudari gambarkan kurang begitu jelas … apakah rata dengan permukaan ato msh menonjol ?
      klo sekiranya rata dengan permukaan kulit maka banyak produk kesehatan yg bisa menyamarkan kulit bekas luka atau bisul … klo agak menonjol berarti masih ada sisa dari bisul tersebut dan sudah mengeras …

      Terimakasih atas kunjungannya

  6. saya mengalami bisul baru 3 hari tapi kok belum sembuh juga ya pdahal saya sudah mnum obat yaitu paracetamol,antalgin,sama ampicilin tetapi bisul saya tidak di beri apa” dan badan saya terasa demam yg brkpnjangan bisul nya ada 3 lagi gimna cara mengatasinya…..

    • terimakasih sudah berkunjung di blog saya ini ….
      Sebenarnya KOmbinasi yg dipakai buat pengobatan sudah bagus namun kurang tepat … ada baiknya mencoba dengan antibiotik lebih tinggi lagi seperti cefadroxil dsb … dan saya tidak mengetahui persis lokasi dan diameter dari bisul saudara sehingga ditakutkan klo terjadi dileher dan seperti kalung maka diprediksikan seperti TB extra paru (kelenjar)….
      sekian dari saya … terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: